7 Contoh Etika Bisnis Yang Diterapkan Di Indonesia

7 Contoh Etika Bisnis Yang Diterapkan Di Indonesia

Selain mempertaruhkan uang dan barang sebagai tujuan untuk keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan kehormatan, reputasi, dan lain nya. Etika sangat berperan penting dalam e-commerce, karena bisnis sangat berkembang dan ramai di pergunakan di dunia teknologi, sehingga menjadi topik perdebatan. Tujuan bisnis tentu nya untuk mendapatkan keuntungan yang mempertaruhkan uang dan barang, yaitu dengan membeli, menjual, memproduksi produk-produk baik barang atau pun jasa. Untuk membayar pajak, seperti pelaporan SPT ada beberapa laporan yang harus perusahaan buat, salah satunya yakni laporan pemotongan pajak. Untuk membuat laporan pemotongan pajak dengan mudah Anda dapat dengan menggunakan bantuan software akuntansi Jurnal.

Melalui weblog ini kami ingin memberikan suggestions jitu untuk mengembangkan keuangan pribadi dan bisnismu. Etika bisnis mengedukasi kepada khalayak umum bahwa tidak hanya terbatas khusus etika lingkungan saja tetapi juga berlaku untuk semua aspek seperti bisnis, ekonomi. Prinsip otonomi mendasari sebuah sikap seorang pengusaha, yaitu bertanggung jawab, mandiri dan bisa mengambil keputusan sesuai dengan sikap bijaksana. Menjalankan sebuah bisnis baik untuk pemula maupun yang telah berpengalaman harus memiliki sikap atau etika agar berjalan dengan semestinya dan tidak melanggar aturan.

Ini merupakan aturan tidak tertulis mengenai cara menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku dan tidak tergantung pada kedudukan individu atau pun organisasi di masyarakat. Jujur adalah salah satu nilai paling dasar yang harus dimiliki dalam berbisnis, jika Anda sampai ketahuan dalam menjalankan bisnis tidak jujur maka reputasi bisnis Anda akan hancur dalam waktu yang singkat. Dan perlu diketahui untuk mengembalikan sebuah kepercayaan dalam bisnis itu sangat sulit serta membutuhkan waktu yang lama.

Etika dalam berbisnis

Etika bisnis belakangan ini semakin banyak dibicarakan bukan hanya di tanah air, melainkan juga di negara-negara lain termasuk negara-negara maju. Perhatian mengenai masalah ini tidak terlepas dari semakin pesatnya perkembangan usaha bisnis di dunia. Prinsip keadilan menanamkan sikap untuk menganggap dan memperlakukan seluruh pihak secara adil tanpa membedakan apapun ataupun siapapun. Prinsip ini berpegang teguh pada kemandirian, kebebasan, dan tanggung jawab. Artinya, seseorang yang mandiri merupakan orang yang bisa memutuskan serta melakukan tindakan dengan dasar kemampuan sendiri dan apa yang telah diyakini serta terbebas dari tekanan, hasutan, maupun ketergantungan.

Apabila orang sadar dalam menjalankan kewajibannya dalam berbisnis maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut sudah memiliki prinsip otonomi dalam beretika bisnis. Misalnya ia tahu tentang bidang pekerjaannya dengan situasi dan tuntutan yang akan dihadapinya serta mengetahui aturan apa saja yang ada didalam bidang pekerjaannya. Prinsip otonomi merupakan suatu kemampuan dan sikap seseorang saat mengambil tindakan serta keputusan yang berdasarkan kesadarannya sendiri tentang apa yang dianggapnya baik yang dapat dilakukan.

Berdasarkan teori ekonomi, perusahaan dalam suatu pasar bebas yang menggunakan sumber daya yang langka atau faktor produksi dalam rangka menghasilkan barang dan jasa . Permintaan atas barang dan jasa tersebut ditentukan oleh preferensi konsumen secara individu untuk memilih diantara barang dan jasa yang tersedia dengan tujuan untuk memaksimalkan kepuasan dari preferensinya yang disebut utility. Manfaat lainnya dalam mengimplementasikan etika berbisnis yaitu meningkatkan rasa taat dan patuh para karyawan terhadap aturan yang diberlakukan dalam perusahaan.

Comments are closed.