Apa Itu Etika Bisnis? Dan 6 Cara Menulis Kode Etik Untuk Bisnis

Apa Itu Etika Bisnis? Dan 6 Cara Menulis Kode Etik Untuk Bisnis

Etika bisnis adalah salah satu cara melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat. Dalam perusahaan, etika bisnis dapat membentuk nilai, norma, dan perilaku karyawan hingga pimpinan dalam membangun hubungan yang baik, adil, dan sehat dengan pelanggan, rekan kerja, pemegang saham, hingga masyarakat. Etika bisnis juga dapat menjadi salah satu standar bagi seluruh karyawan, termasuk manajemen. Penerapan prinsip etika bisnis di sebuah perusahaan akan membangun hubungan yang adil dan sehat, baik di antara sesama rekan kerja, pemegang saham, pelanggan, dan masyarakat. Dan semua pihak tersebut perlu memahami pengertian dan manfaat etika berbisnis. Serta harus menjadikan prinsip etika bisnis sebagai salah satu standar di tempat kerja.

Di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih merintis usaha sendiri di bandingkan dengan harus bekerja di perusahaan orang lain. Semua aktivitas bisnis dapat dianggap sebagai profesi, karena dalam setiap bisnis di tuntut untuk selalu bersikap skilled dan beretika . Dalam setiap aktivitas yang di lakukan oleh manusia yang selalu diikuti oleh norma-norma dan etika yang harus dipenuhi supaya tidak mengganggu dan merugikan orang lain. Kebanyakan orang tidak senantiasa sadar akan fungsi etika, salah satu sebabnya, etika menjadi bagian yang integral dari pribadi seseorang sehingga tidak lagi dipersoalkan oleh yang bersangkutan.

Ikhtikar adalah menimbun barang atau menumpuk dan menyimpan barang dalam masa tertentu, dengan tujuan sewaktu-waktu harganya menjadi naik dan keuntungan besarpun dapat diperoleh. Dengan berdiri saat berkenalan maka seseorang akan merasa diperlakukan dengan baik. Namun, bila situasi tidak memungkinkan maka dengan cara membungkuk dapat dilakukan untuk menunjukkan bahwa seseorang punya sikap positif terhadap orang lain.

Etika dalam berbisnis

Dalam menjalankan kegiatan bisnis, kerap kali pebisnis dihadapkan pada kondisi-kondisi sulit dalam pengembangannya. Hal itu baik yang terkait dengan pengelolaan sumber daya inside perusahaan maupun dengan masyarakat. Seseorang yang memiliki sifat akuntabel tidak akan keberatan mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya serta tidak keberatan menerima gugatan atas hasil pekerjaannya yang kurang.

Jika moral merupakan sesuatu yang mendorong orang untuk berbuat baik, maka etika bertindak sebagai rambu-rambu yang berupa kesepakatan bersama anggota suatu kelompok. Perusahaan yang tidak berhasil dalam menjalankan bisnisnya secara etis akan mengalami sorotan, kritikan, bahkan hukuman. Etika ini kemudian dituangkan dalam bentuk tertulis, maka lahirlah kebijakan yang berupa Undang-undang, hukum, peraturan dsb. Etika merupakan seperangkat kesepakatan umum untuk mengatur hubungan antara satu orang dengan orang lainnya, satu orang dengan masyarakat atau masyarakat dengan masyarakat lain. Layanan investasi reksa dana online Ajaib Reksa Dana memberikan aneka pilihan reksa dana terbaik.

Perilaku yang etis dalam berbisnis adalah sesuatu yang penting demi keberlangsungan hidup bisnis itu sendiri. Bisnis yang tidak etis akan merugikan bisnis itu sendiri terutama jika dilihat dari perspektif jangka panjang. Bisnis yang baik bukan saja bisnis yang menguntungkan, tetapi bisnis yang baik adalah selain bisnis itu menguntungkan juga bisnis yang baik secara norma dan etikanya. Dalam berbisnis Nabi Muhammad selalu memerhatikan kejujuran, keramah tamahan, menerapkan prinsip bisnis islami dalam bentuk nilai-nilai shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah serta nilai moral dan keadilan.

Dan perilaku jujur, tepat janji, membantu dan menghormati hak-hak orang lain dipandang sebagai perilaku yang etis/bermoral. Saat bertemu dengan mitra kerja, sebutlah namanya dengan sopan dan baik. Artinya seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis, harus mendapat hak dan perlakukan yang sama.

Etika bisnis juga mencegah mahasiswa untuk bertindak korupsi pada saat di dunia kerja nanti, karena dalam mata kuliah etika bisnis diberitahukan pula akibat dari tindakan korupsi. Seperti yang sudah dikatakan bahwa etika bisnis sangat penting untuk di aplikasi kan agar perusahaan memiliki pondasi yang kuat dan memiliki nilai yang tinggi. Memberikan motivasi kepada pelaku bisnis untuk dapat meningkatkan kemampuan. Karena adanya standar yang sudah berlaku, dan harus dipatuhi oleh seluruh pebisnis. Membuat batasan-batasan bagi para pebisnis, merupakan etika yang harus dimiliki.

Setiap karyawan perlu menyuarakan pendapatnya dalam pembentukan kode etik demi penerapan etika bisnis yang baik. Selain itu, seluruh karyawan juga perlu tahu mengapa kode etik tersebut sangat penting untuk diberlakukan dan apa prinsip etika bisnis yang ingin dibangun. Rasa peduli tersebut akan melahirkan perasaan empati dan belas kasih terhadap konsumen, karyawan, hingga rekan bisnis. Rasa peduli juga memiliki arti bahwa seseorang tersebut sadar bahwa segala tindakan yang ia lakukan akan memiliki dampak pada semua orang yang berada di sekitarnya.

Comments are closed.