Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis

Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis

Mendapatkan nilai dan pandangan positif itu tidaklah mudah, namun dengan etika yang baik perusahaan akan memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Apabila perusahaan mampu menerapkan dan menjalankan etika bisnis dengan baik, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak . Setelah menyimak pengertian dari etika bisnis dan cara-cara dalam menulis kode etik di dalam bisnis, apakah rekan pembaca sudah semakin tertarik untuk membangun etika bisnis yang kuat di dalam perusahaan Anda?

Tindakan itu bernilai ethical, karena tindakan itu dilaksanakan berdasarkan kewajiban yang memang harus dilaksanakan terlepas dari tujuan atau akibat tindakan itu. Aturan yang berlaku dalam bidang kegiatan khusu atau kehidupan khusus. Mis, atau aturan olah raga, aturan pendidikan, lebih khusus aturan sebuah sekolah. Lingkungan bisnis yang mendukung dan memegang nilai-nilai etika yang kuat biasanya menjadi tempat kerja yang lebih menyenangkan dan produktif.

Etika dalam berbisnis

Memberikan kesadaran akan perilaku dan moral agar menjalankan bisnis dengan melahirkan nilai baik, tidak individualis dan nilai-nilai popsitif lainnya. Kedua tugas tersebut mensyaratkan para manajer untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh melalui belajar etika bisnis. Salah satu syarat utama peran dari seorang manajer adalah membuat keputusan yang bersifat ekonomi sehingga perusahaan dapat sukses dalam pasar yang sangat kompetetif. Sebagai seorang aktor ekonomi, para manajer diharapkan memperhatikan khususnya faktor-faktor ekonomi dalam pembuatan keputusan dan ukuran utama atas keberhasilan tersebut adalah kemampuan untuk menghasilkan keuntungan . Manajer merupakan agen dari para pemegang saham , yang memiliki kewajiban menjalankan perusahaan untuk kepentingan pemegang saham, terutama memaksimalkan hasil atas investasi yang telah dilakukan.

Dari capaian yang luar biasa ini, generasi muda kini berbondong-bondong melakukan inovasi serta kreasi dalam meramaikan dunia perbisnisan Indonesia. Dalam berbisnis, utamanya merupakan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Untuk itu setiap pelaku bisnis, diharapkan mengetahui prinsip-prinsip dalam beretika ketika berbisnis. Dalam pendekatan ini, setiap tindakan harus didasarkan dengan konsekuensinya. Untuk itu, sebelum bertindak, Anda harus memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat dengan cara yang tidak membahayakan dan menggunakan biaya serendah-rendahnya.

Kewenangan ini menyangkut hak berbisnis sebuah perusahaan sesuai dengan bidang yang dikuasainya. Hal ini karena setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang berbeda-beda dengan perusahaan lainnya. Kesadaran moral yang terbentuk dengan menjalankan etika bisnis akan menghasilkan manajemen bisnis yang taat regulasi, terhindar dari praktik-praktik curang dan kotor, apalagi hingga merugikan bisnis lain. Hal ini akan memberikan bukti nyata bagaimana komitmen perusahaan dalam mewujudkan kinerja yang profesional dan berkualitas. Maka dengan sendirinya, citra positif akan terbentuk dan hal ini akan secara langsung berdampak pada setiap sumber daya manusia yang bekerja pada perusahaan. Seringkali bahkan hanya berupa peraturan tidak tertulis yang tetap akan berbuah sanksi jika dilanggar.

Dalam menjalankan bisnisnyam, pelaku bisnis harus menjalankan usahanya dengan sebaik mungkin dengan tujuan agar masing-masing pihak yang berhubungan mendapatkan keuntungan. Misalnya adalah pengusaha atau perusahaan harus memberikan harga yang sebenarnya suatu barang terhadap konsumen serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Sikap kejujuran sendiri umumnya dikaitkan dengan harga barang yang sudah ditwarkan. Dalam menjalankan bisnis secara modern, kepercayaan konsumen merupakan hal yang cukup penting karena pelaku bisnis dituntut untuk memberikan informasi yang sebenarnya terhadap para konsumen. Setiap pengusaha maupun perusahaan seharusnya tahu bahwa melakukan monkey business atau praktek bisnis kotor hanya akan merugikan banyak pihak, terutama dirinya sendiri.

Dengan demikian seorang manajer hendaknya merupakan seorang yang menjunjung tinggi etika dalam setiap langkahnya. Belum tentu segala sesuatu yang tidak sesuai dengan ethical adalah tidak sah . Menuntut yang berlebihan kepada anak buah dan mencerca secara tidak pantas kepada seorang pegawai adalah tindakan yang merupakan objek dari etika, namun hal itu bukan dari objek hukum.

Tapi bukan berarti sebuah perusahaan boleh menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya tersebut. Loyalitas adalah hal yang sangat diperlukan aga bisnis dapat berjalan dengan baik tanpa menimbulkan konflik. Keloyalan dapat ditunjukkan dengan bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta tidak mencampurkan urusan kantor dengan masalah pribadi. Kamu juga dapat menunjukkan loyalitas dengan memberikan seluruh kemampuan demi perkembangan perusahaan kea rah yang lebih baik.

Comments are closed.