Membuka Usaha Baru Di Masa Pandemi Covid

Membuka Usaha Baru Di Masa Pandemi Covid

Survei Paper.id bersama SMESCO dan OK OCE bertajuk Dampak Pandemi COVID-19 terhadap UMKM menunjukkan kreativitas mampu menyelamatkan para pelaku usaha. Bahkan, 8,52 persen respondennya malah mampu melakukan ekspansi bisnis di tengah krisis. Pertama, calon pelaku usaha harus punya produk yang akan dijual, ia bsa membuat produk sendiri atau mengambil barang dari tempat lain lalu menjualnya kembali .

Jenis produknya pun bisa apa saja, mulai dari pakaian, kosmetik, tas, hingga barang elektronik. Apabila menemui kendala dalam hal modal dan keterampilan, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan agar tetap bisa berjualan online. Ralali membuat program yang diperuntukkan baik untuk vendor maupun masyarakat yang akan memulai bisnis. Namun, bukan berarti harapanmu untuk sukses jadi pupus begitu saja. Justru, di masa pandemi, kamu bisa mengambil celah untuk mendirikan bisnis sekaligus mengembangkannya. Selain itu, penting untuk memisahkan kontak pribadi dengan kontak bisnis, sehingga pelakuUMKMtidak repot ketika berkontak dengan klien dan mitra bisnis di tengah kesibukannya dengan aktivitas lain.

Proses ini biasanya merupakan proses trail and error atau uji coba atau ekperimen. Melakukan eksperimen pada bisnis, untuk mencapai revenue yang lebih baik. Dengan kondisi ekonomi yang kian tidak menentu, banyak perusahaan yang tidak memanfaatkan internet, perlahan mulai gulung tikar.

Membuka Bisnis di masa pandemi

Mulai dari bisnis produk makanan dan trend, hingga bisnis jasa pembuatan website. Sebab, selama pandemi, aktivitas online semakin meningkat dan pemasaran secara konvensional terkendala protokol kesehatan. Kelebihan menjadi reseller adalah Anda tidak perlu pusing memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan produksi barang. Anda tinggal menjual produk, menentukan sendiri harga serta labanya, dan mengelola toko online sesuai dengan yang Anda inginkan.

Bisnis online memang sudah sangat populer di semua kalangan baik remaja maupun dewasa. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat saat ini hampir semua orang memiliki smartphone canggih yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik. Untuk memulai bisnis online, sebaiknya mempelajari caranya dengan baik terlebih dahulu. Jangan asal memulai bisnis on-line, karena bisa berujung pada kerugian. Bagaimana pendapat kamu tentang orang yang sukses berbisnis dari usia muda? Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, tidak peduli umur atau pengalaman, memulai usaha memang suatu tantangan.

Calon pelaku usaha juga ha­rus mengetahui apa minat yang ia jalani untuk dialihkan ke bisnis. Memperluas jaringan bisnis melalui dunia digital sudah harus dilakukan mulai sekarang. Karena pandemi ini memang membawa tren perubahan transaksi masyarakat melalui tekhnologi. Pandemi covid 19 membuat banyak bisnis-bisnis berguguran, namun banyak juga peluang bisnis yang berhasil survive. Dalam kasus NerdWallet, pemasaran secara organik lebih mudah di masa awal krisis keuangan.

Terlihat dari meningkatnya permintaan kebutuhan belanja rumah tangga seperti kebutuhan dapur dan kebutuhan harian lainnya di platform HappyFresh. Demikian sedikit informasi terkait software accounting/software akuntansi. Mulai dari penjelasan apa itu software program akuntansi, kemudian apa saja manfaat serta termasuk bagaimana ideas untuk memilih software yang paling tepat.

Comments are closed.