Pengertian Etika Bisnis, Manfaat, Prinsip Dan Contoh Etika Dalam Berbisnis

Pengertian Etika Bisnis, Manfaat, Prinsip Dan Contoh Etika Dalam Berbisnis

Berbagai hal tersebut merupakan bentuk dari persaingan yang tidak sehat oleh para pebisnis yang ingin menguasai pasar. Selain untuk menguasai pasar, terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi para pebisnis untuk melakukan pelanggaran etika bisnis, antara lain untuk memperluas pangsa pasar, serta mendapatkan banyak keuntungan. Ketiga faktor tersebut merupakan alasan yang umum untuk para pebisnis melakukan pelanggaran etika dengan berbagai cara. Etika Umum suatu etika mengenai norma dan nilai moral, kondisi-kondisi dasar bagi manusia untuk bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis.

Hal ini pun dapat juga memberikan peran penting dalam meraih kesuksesan dalam berbisnis. Manajer puncak dari suatu organisasi memiliki kekuasaan yang besar baik dari dalam maupun luar organisasi. Pimpinan dari suatu perusahaan besar juga bertindak sebagai duta besar, mewakili perusahaan dengan para konstituennya.

Dengan kesadaran etika pada tiap individu, akan berdampak pada pelaku bisnis untuk lebih memperhatikan kepentingan bersama daripada kepentingan individu. Sehingga untuk mewujudkan tujuan atau meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis tidak begitu sulit. Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari seorang pengusaha juga dituntut untuk selalu menjaga tingkah lakunya. Pebisnis yang sudah memiliki omset sampai milyaran semua menerapkan budaya bertingkah laku yang baik.

Etika dalam berbisnis

Prinsip ini penting dalam beretika bisnis karena dapat menumbuhkan komitmen dan menghasilkan kemakmuran yang tak hanya terbatas pada pemilik saham, namun juga pada pemangku kebijakan dan lingkungan operasional perusahaan. Dalam kata lain, semua tindakan dan keputusan bisnis harus diusahakan untuk mampu memberikan keuntungan terhadap semua pihak yang terkait. Dimana dalam berbisnis kedua belah pihak haruslah mendapat manfaat serta keuntungan dari bisnis yang terjalin.

Dengan memiliki sebuah etika tentu saja klien merasa lebih dihargai dan tentu saja mampu memberikan gambaran kualitas perusahaan pada klien. Selain itu jaminan adanya kerjasama yang baik terjalin dengan pribadi yang memiliki kualitas diri juga etika. Citra perusahaan bisa menjadi baik, tidak adanya citra buruk dan membuat jalannya bisnis menjadi lancar terkendala. Nah, itu dia ulasan mengenai etika bisnis dari sisi pengertian, prinsip, dan manfaatnya.

Mereka diharapkan dapat menunjukkan kepemimpinan perusahaan yang melayani kepentingan masyarakat secara keseluruhan. Untuk dapat melaksanakan manajemen yang etis dan manajemen etika, maka pihak manajemen perlu memiliki berbagai ilmu pengetahuan. Berbagai isu tentang etika yang memiliki latar belakang yang faktual juga harus dipahami secara baik. Keempat, hukum itu sendiri kadangkala tidak pasti, sehingga untuk menetapkan apakah suatu tindakan adalah legal/sah harus diputuskan oleh pengadilan. Dan dalam membuat suatu keputusan, pengadilan sering berpedoman pada pertimbangan ethical. Perilaku yang etis merupakan faktor penting dalam keberhasilan suatu organisasi secara jangka panjang.

Pasalnya dalam aktivitas bisnis seringkali akan menemukan wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum ini sendiri. Perusahaan selalu yakin bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika. Etika berbisnis juga menjadi standart dan pedoman bagi semua pegawai perusahaan untuk melakasanakan pekerjaannya dengan dilandasi sikap-sikap yang professional.

Pastikan Anda memperhatikan kelima poin tersebut jika tidak ingin kehilangan pelanggan dalam sekejap akibat kesalahan yang Anda lakukan tanpa disadari. Selain spamming dalam bentuk komentar, seringkali para pelaku bisnis juga melakukan hal seperti men-tag calon konsumen secara acak. Sikap adil harus diterapkan dengan baik sesuai dengan antrian dan aturan yang berlaku. Aturan yang dibuat nampaknya tidak boleh berseberangan dengan aturan pemerintah. Etika bisnis berlaku untuk semua jenis dan bentuk lembaga usaha mulai skala kecil hingga besar.

Salah satu fitur utama Jurnal adalah aplikasi laporan keuangan perusahaan yang dapat membantu Anda untuk mengelola laporan keuangan menjadi lebih cepat dan akurat. Menurut Bertens, etika dalam berbisnis bahkan lebih luas dari ketentuan yang diatur oleh hukum. Di mana hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah ethical yang kompleks.

Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik untuk memulai bisnis sendiri adalah kebebasan, mulai dari kebebasan dari peraturan perusahaan tempat bekerja hingga kebebasan dari perintah dan tugas yang diberikan oleh atasan yang buruk. Oleh karena itu, saat kita memulai sebuah bisnis, semua keputusan ada di tangan kita sebagai pemilik bisnis tersebut, begitupula segala risiko dan tanggungjawab atas keputusan yang kita ambil. Hal ini sebenarnya suatu yang berat karena jika kita salah mengambil keputusan, maka bisnis yang sudah kita rintis selama bertahun-tahun bisa runtuh dan bangkrut dalam sekejap saja. Dalam hal ini, dibutuhkan sebuah pilar etika dalam membangun usaha, yaitu pilar otonomi di mana kita dapat mengambil keputusan dengan baik dan benar untuk keberlangsungan bisnis kita.

Comments are closed.