Rambah Bisnis Kuliner Saat Pandemi, Tantri Kotak

Rambah Bisnis Kuliner Saat Pandemi, Tantri Kotak

Tentunya dengan kemampuan yang dimiliki, bisnis Anda akan bisa berkembang dengan cepat sesuai dengan harapan Anda. Semakin banyak ide dan gagasan, semakin “kaya” warna bisnis Anda. Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk mencari associate, carilah yang memiliki kompetensi yang berbeda dari Anda. Misalnya, Anda memiliki kompetensi dalam hal manajemen dan keuangan, berarti Anda perlu mencari companion yang ahli di bidang promosi dan publikasi.

Berbisnis dengan parter

Meski Anda tidak mengurus bisnis sendirian, namun bukan berarti hal ini terbebas dari kendala dan masalah. Biasanya, risiko yang paling sering muncul dalam membangun sebuah bisnis bersama adalah perbedaan pendapat. Tak jarang, masalah keuangan juga kerap menjadi downside serius ketika Anda membangun sebuah bisnis sendiri. Anda harus mengerjakan dan menjalani semua ide-ide yang sudah direncanakan sendirian. Sehingga hal ini akan menguras waktu, tenaga, serta pikiran Anda.

Carilah seorang companion bisnis yang selalu berusaha memperluas relasi. Semakin luas jalinan relasi yang dimiliki dapat berpengaruh terhadap bisnis di masa depan. Besar kemungkinan untuk semakin mudah menjalin hubungan kerja sama dengan bisnis lainnya.

Lebih baik Anda handle sendiri dulu daripada jadi rumit dan bisnis tidak kunjung berkembang. Sebenarnya lebih enak jika Anda menemukan associate seperti dalam pandangan yang pertama, di mana di sini partner Anda bersedia untuk tidak dibayar di awal-awal bisnis berjalan. Anda dapat menghemat biaya dengan berkurangnya kewajiban terhadap gaji. Hal ini untuk mencegah salah kebijakan akibat pesan yang disampaikan tidak diterjemahkan dengan tepat. Jika perlu, gunakanlah bahasa pergaulan atau seperti yang biasa Anda gunakan sehari-hari untuk berkomunikasi dengan kerabat. Hindari penyampaian pesan yang berbelit-belit dan penggunaan istilah yang sulit dimengerti.

Skill setiap manusia tentu berbeda, itulah yang seharusnya dapat kamu maksimalkan dalam berbisnis. Memilih companion yang memiliki kemampuan berbeda denganmu tentu akan sangat membantu, terutama dalam memperbaiki setiap kekurangan yang kamu miliki. Tidak semua kemitraan harus membagi rata modal awal, dan banyak mitra yang menentukan rasio kepemilikan berdasarkan persentase uang yang dibawa dalam kemitraan tersebut. Salah satu keuntungan terbesar dari kemitraan adalah bahwa setiap mitra memberikan kontribusi beraneka ragam kekuatan dan keahlian dibutuhkan dalam membangun satu bisnis.

Business partnershipatau kemitraan bisnis adalah hubungan hukum yang dibentuk oleh kesepakatan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan bisnis sebagai pemilik bersama. Nah, agar tidak terjadi miskomunikasi dengan partner bisnis, maka kita harus memahami bagaimana sifat dan karakternya. Karena mencari associate bisnis sifatnya tidak boleh asal, maka dalam mencari companion haruslah yang satu visi. Karena jika visi saja tak sama, maka nantinya jika ada hal-hal tertentu yang tak sama, misal beda pendapat, beda pandangan. Maka hal itu akan membuat hubungan kita dengan companion juga jadi canggung, meskipun hal ini bisa kita atasi.

Ketika sudah menjadi sahabat rasa saling membutuhkan, saling membantu dan berbagi akan timbul dengan sendirinya dalam profesionalitas pekerjaan. Sehingga waktu dan pekerjaan menjadi lebih efisien dan produktif. Bersama para partner, IBM Indonesia mengajak para peserta summit untuk membangun potensi di masa depan.

Tapi jangan sampai hal itu kamu jadikan alasan untuk membuat keputusan yang sepihak di dalam usaha kalian. Pastikan kamu dan sahabatmu selalu mengonsultasikan ke satu sama lain sebelum membuat keputusan. Jangan hanya karena kamu sudah sangat yakin dengan sahabatmu, lantas kamu membiarkan semua keputusan berada di tangannya, begitu juga sebaliknya. Sebagai sesama rekan kerja, kamu dan sahabatmu berhak dan wajib tahu dengan segala perkembangan usaha kalian. Membuka usaha bersama sahabat sendiri memang terdengar menyenangkan.

Comments are closed.